PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA METERI HEWAN BERDASARKAN JENIS MAKANAN DI KELAS V SD GMIM KAWENG
Keywords:
Problem Based Learning, IPA, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA materi hewan berdasarkan jenis makanan siswa kelas V di SD GMIM Kaweng. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas V SD GMIM Kaweng yang berjumlah 18 siswa. Teknik pengumpulan data ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Berdasarkan persentase hasil belajar yang diperoleh pada siklus I adalah 60,83% maka diperlukan perbaikan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar mencapai 84,16% itu artinya hasil belajar pada siklus II mengalami peningkatan dan telah mencapai standar ketuntasan secara klasikal. Oleh karena itu disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi hewan berdasarkan jenis makanan di kelas V SD GMIM Kaweng.