PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 2 BITUNG

Main Article Content

Feiby Pingkan
Widdy H. F. Rorimpandey
Lucia A. M. Pati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi transportasi melalui penerapan model pembelajaran JIGSAW. Penelitian yang di lakukan dengan menggunakan metode pembelajaran JIGSAW. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN 2 Bitung berjumlah 20 orang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 10 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes tertulis, dan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik perhitungan persentase hasil belajar yang dicapai siswa. Peningkatan kemampuan dan keterampilan dalam pelaksanaan pembelajaran serta hasil belajar dilakukan dengan membandingkan hasil pencapaian belajar pada setiap siklus. Hasil penelitian menyatakan pada siklus 1 adalah 63,5% dan pada siklus II adalah 86,5 %. artinya berhasil dengan diterapkannya metode pembelajaran JIGSAW. Disarankan kepada guru SD dapat menerapkan metode pembelajaran JIGSAW untuk meningkatkan pembelajaran IPS sekolah dasar.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>