DAMPAK PENGGUNAAN GADGET PADA SISWA KELAS V SD INPRES KINALI

Main Article Content

Fria W. Sual
Hetty J. Tumurang
Richard D. H. Pangkey

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil penelitian yang telah dilaksanakan peneliti di kelas V SD Inpres Kinali. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak positif dan dampak negative dari penggunaan gadget pada siswa kelas V SD Inpres Kinali. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang mengambil tempat di SD Inpres Kinali. Dalam penelitian kualitatif, yang menjadi instrumen atau alat penelitian adalah peneliti itu sendiri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu data-data dalam penelitian ini dikumpulkan dengan menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi (Rukin,2019:1). Dalam penelititian ini Peneliti menggunakan analisis data model Miles dan Huberman yang meliputi tiga tahapan, yakni reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini memperoleh hasil yaitu Dampak positif gadget ditinjau dari segi belajar itu baik karena dapat dijadikan sebagai alat bantu dalam proses belajar mengajar. Sedangkan dampak negatif dari segi sikap itu terjadi pengikisan karakter terhadap proses belajar mengajar.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>