UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN MELALUI METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS V SD GMIM V TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di kelas V SD GMIM V Tomohon. Rumusan masalah penelitian bagaimana upaya meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di kelas V SD GMIM V Tomohon. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM V Tomohon dengan jumlah siswa 23 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah upaya meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya. Penelitian dilakukan dalam dua siklus agar penelitian tindakan kelas ini berhasil dengan baik. Berdasarkan hasil penelitian, hak dan kewajiban melalui metode tutor sebaya dapat meningkatkan hasil belajar PKN, dari sebelum tindakan, siklus I dan siklus II. Pada tindakan siklus I diketahui rata-rata 11 siswa yang tuntas atau ketuntasan klasikal hanya mencapai 61,30%. Pada siklus II rata-rata siswa yang tuntas meningkat menjadi 23 orang siswa atau ketuntasan klasikal 82%. Nilai ini telah melewati batas nilai KKM dikelas IV SD Inpres Kakaskasen Tiga yaitu >75%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa dengan upaya meningkatkan hasil belajar PKN melalui metode tutor sebaya di kelas V SD GMIM V Tomohon meningkat.