PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS IV SD GMIM 3 WOLOAN
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan Mendeskripsikan penerapan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD GMIM 3 WOLOAN. Rumusan Masalah Bagaimana penerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SD GMIM 3 WOLOAN . Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM 3 WOLOAN dengan jumlah siswa 10 orang, sedangkan objek dalam penelitian ini adalah siswa, melalui model Problem Based Learning. Penelitian ini menggunbakan metode penelitian tindakan kelas (PTK), teknik analisi data mernggunbakn rumus Kb=T/Tt X100%. Siklus 1 diketahui rata-rata 3 siswa yang tuntas atau ketuntasan klasikal hanya mencapai 64%. Pada siklus II rata-rata siswa yang tuntas meningkat menjadi 10 orang siswa atau ketuntasan klasikal 84%. Dengan demikian dapat diambil kesimpulan bahwa untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa melalui metode Problem Based Learning di kelas IV SD GMIM 3 WOLOAN meningkat.