PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE MAKE A MATCH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD KATOLIK STELLA MARIS GIRIAN

Main Article Content

Ni Luh Putu Ayu Megayanti
Margareta O. Sumilat
Stelly V. Manawan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah  untuk meningkatkan hasil belajar siswa di kelas IV SD Katolik Stella Maris Girian dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Type Make A Match. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas IV SD Katolik Stella Maris Girian dengan jumlah siswa 29 orang, yang terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Penelitian ini dilakukan sebanyak 2 siklus dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes. Setelah data terkumpul, akan dilanjutkan dengan menganalisis data, setiap siswa dikatakan tuntas belajar (ketuntasan individu) jika jawaban yang benar minimal skor KKM 70%.  Penilaian hasil belajar pada siklus I diperoleh 68,7 % sehingga dilanjukan pada siklus yang kedua, setelah memperbaiki proses pembelajaran sehingga hasil belajar siswa meningkat menjadi 91,3 %. Dengan demikian pembelajaran dengan menggunakan model Pembelajaran Kooperatif Type Make A Match sangat baik unuk diterapkan karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>