PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAPADA SISWAKELAS III SD INPRES NOONGAN

Main Article Content

Intania M. Sumigar
Roos S. Tuerah
Margareta O. Sumilat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas III dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL) di SD INPRES Noongan. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres Noongan yang berjumlah 16 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa setelah menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan diadakan tes individu pada siklus I nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 67,5% dan siswa yang tuntas belajar mencapai 7 orang atau 43,75%. Karena belum memenuhi kriteria keberhasilan maka dilanjutkan pada siklus II. Pada siklus II hasil belajar siswa yang tuntas belajar 15 orang sehingga mengalami peningkatan menjadi 81,25%,  Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan di kelas III SD Inpres Noongan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Perubahan wujud benda. Disarankan kepada guru-guru agar menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning untuk meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran lainnya.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>