PENERAPAN MEDIA FLAT OPAQUE PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD GMIM III TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV SD dengan menggunakan media Flat Opaque Picture. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD. Data yang dikumpulkan oleh peneliti adalah melalui catatan observasi dan hasil evaluasi yang dilakukan sejak awal penelitian sampai dengan siklus II bersama dengan mitra kolaborasi/ Guru kelas. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan setiap akhir pembelajaran. Hasil presentase siklus I ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui media flat opaque picture dikelas IV SD adalah 63, 92%. Sedangkan persentase ketuntasan belajar siswa sebesar 100% lebih besar dari 70% untuk mencapai ketuntasan klasikal. Penerapan media flat opaque picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ketuntasan belajar siswa melalui penerapan media Flat Opaque Picture pada mata pelajaran Bahasa Indonesia untuk siklus II di kelas IV SD sudah mencapai ketuntasan belajar klasikal.