PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEPAHAMAN PELAJARAN EKONOMI MATERI ALAT PEMBAYARAN DI SMA NEGERI 1 MAWASANGKA

Authors

  • . Hasnawati PPG Universitas Negeri Manado
  • Agnes Rooroh PPG Universitas Negeri Manado
  • Amelda Sakul PPG Universitas Negeri Manado
  • Johny Taroreh UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8126

Keywords:

Economics, Problem Base Learning

Abstract

ABSTRAK

Dari beberapa model pembelajaran yang ada, model pembelajaran yang menarik dan dapat memicu peningkatan penalaran siswa yaitu model Pembelajaran Problem Based Learning. Pembelajaran Problem Based Learning adalah suatu sistem pengajaran yang cocok dengan otak yang menghasilkan makna dengan menghubungkan muatan akademik dengan konteks dari kehidupan sehari-hari siswa. Dalam pembelajaran ini siswa harus dapat mengembangkan ketrampilan dan pemahaman konsep perekonomian untuk menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: (a) Apakah Pembelajaran Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar Ekonomi? (b)  Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran  Ekonomi    dengan diterapkannya metode Pembelajaran Problem Based Learning?

Tujuan dari penelitian ini adalah: (a) Untuk mengungkap pengaruh Pembelajaran Problem Based Learning terhadap hasil belajar  Ekonomi . (b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran  Ekonomi    setelah diterapkannya Pembelajaran Problem Based Learning.

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka . Data yang diperoleh berupa hasil tes Formatif, lembar  observasi kegiatan belajar mengajar.

Simpulan dari penelitian ini adalah metode kooperatif model Problem Based Learning  dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Mawasangka, serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative pembelajaran Ekonomi.

Kata Kunci: Ekonomi, Problem Based Learning

 

ABSTRACT

Of the several existing learning models, the learning model that is interesting and can trigger increased student reasoning is the Problem Based Learning model. Problem Based Learning is a brain-friendly teaching system that produces meaning by connecting academic content with the context of students' daily lives. In this learning, students must be able to develop skills and understanding of economic concepts to apply them in everyday life.

This research is based on the problem: (a) Does Problem Based Learning have an effect on Economics learning outcomes? (b) How high is the level of mastery of Economics subject matter with the application of the Problem Based Learning method?

The aim of this research is: (a) To reveal the influence of Problem Based Learning on Economics learning outcomes. (b) Want to know how far the understanding and mastery of Economics subjects is after implementing Problem Based Learning.

This research uses three rounds of action research. Each round consists of four stages, namely: design, activities and observations, reflection, and revision. The target of this research is Class X students of SMA Negeri 1 Mawasangka. The data obtained is in the form of formative test results, observation sheets of teaching and learning activities.

The conclusion of this research is that the cooperative method of the Problem Based Learning model can have a positive influence on the learning motivation of Class

Keywords: Economics, Problem Based Learning

References

DAFTAR PUSTAKA

-----------------. 2003. Proses Belajar Mengajar. Cet. Ke-2. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2005. Manajemen Penelitian. Jakarta: PT. Asdi Mahasatya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Zaini, Aswan. 1996. Strategi Belajar-Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Hadi, Sutrisno. 1994. Metodologi Researh: untuk Penulisan Paper, Tesis dan Disertasi. Cet. Ke-21. Yogyakarta: Andi Offset.

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Cet. Ke-8. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Kao, John. 1989. Enterpreneurship, Creativity and Organization and Value Adding Process, Singapore Prentice Press.

Kotler, Phillip . 1987. Dasar-dasar Pemasaran (terjemahan) Jilid 1. Jakarta:Intermedia.

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. 2006. Standar Isi: Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Mata Pelajaran Ekonomi SMA. Jakarta: BSNP

Lie, Anita. 2008. Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning Di Ruang-ruang Kelas. Cet. Ke-6. Jakarta: Grasindo.

Nasution. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar-Mengajar. Cet. Ke-10. Jakarta: Bumi Aksara.

Soekanto, Soerjono. 1986. Pengantar Penelitian Hukum. Jakarta: UI Press. Sudjana, Nana. 1995. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Surakhmad, Winarno. 1994. Pengantar Ilmu Dasar Metode dan Teknik. Bandung: CV. Tarsito.

Tafsir, Ahmad. 1996. Metodologi Pengajaran Ekonomi. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Usman, Moh. Uzer dan Setiawati, Lilis. 1993. Upaya Optimalisasi Kegiatan Belajar-Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Hasnawati, ., Rooroh, A., Sakul, A., & Taroreh, J. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING GUNA MENINGKATKAN KEPAHAMAN PELAJARAN EKONOMI MATERI ALAT PEMBAYARAN DI SMA NEGERI 1 MAWASANGKA . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 143–149. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8126