MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS X SMAN 5 TANA TORAJA TAHUN PELAJARAN 2023-2024

Authors

  • . Hartati PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Joseph Kambey PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Nola Korengkeng PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Cheris Laloan UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8144

Keywords:

Interest in Learning, Economics Lessons, Problem Base Learning Model

Abstract

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini yakni untuk meningkatkan minat belajar peserta didik dalam mata pelajaran ekonomi melalui model problem based learning (pbl) pada kelas x sman 5 tana toraja tahun pelajaran 2023-2024

Salah satu masalah yang sampai sekarang masih dihadapi dalam Pelaksanaan sistem pendidikan nasional adalah rendahnya kualitas pendidikan. Latar belakang masalah kurikulum merdeka belajar mencakup keinginan untuk meningkatkan fleksibilitas pembelajaran mempekuat keterlibatan siswa dan mempersiapkan mereka untuk tantatangan masa depan yang dinamis

Pendidikan ekonomi , merupakan pelajaran yang penting dan sangat strategis dalam rangka mendidik dalam kegiatan ekonomi , watak atau  karakter peserta didik atau anak bangsa untuk  masa yang akan datang.

Salah satu masalah yang  masih dihadapi oleh para guru ekonomi  di SMA Negeri 5 Tana Toraja adalah kurangnya semangat peserta didik  untuk mengikutii pelajaran ekonomi . Masalah tersebut tentunya banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya dari siswa sendiri, dimana siswa menganggap pelajaran ekonomi , termasuk pelajaran ilmu pengetahuan sosial dan siswa lebih konsentrasi pada mata pelajaran lain seperti Matematika, Fisika, Kimia, dan biologi.

Masalah kemampuan guru disini menyangkut pengetahuan guru, pengusaan strategi dan model pembelajaranserta penguasaan kelas . Solusi dari permasalahan ini dapat melalui penerapan pembelajaran model PBL dan PjBL adalah pembelajaran yang secara sadar dan sistematis  mengengembangkan intruksi yang silih asah, silih asih dan silih asuh antar sesama siswa sebagai latihan hidup didalam masyarakat nyata.

Kata Kunci: Minat Belajar, Pelajaran Ekonomi, Model Problem Base Learning.

 

ABSTRACT

The aim of this research is to increase students' interest in learning in economics subjects through the problem based learning (PBL) model in class

One of the problems still faced in the implementation of the national education system is the low quality of education. The background to the independent learning curriculum problem includes the desire to increase learning flexibility, strengthen student engagement and prepare them for dynamic future challenges.

Economic education is an important and very strategic lesson in order to educate in economic activities, the character or character of students or the nation's children for the future.

One of the problems that economics teachers at SMA Negeri 5 Tana Toraja still face is the lack of enthusiasm among students to take economics lessons. Of course, there are many factors that influence this problem, including the students themselves, where students consider economics lessons, including social science lessons, and students concentrate more on other subjects such as Mathematics, Physics, Chemistry and Biology.

The problem of teacher ability here concerns teacher knowledge, mastery of learning strategies and models as well as class mastery. The solution to this problem can be through the application of PBL and PjBL learning models, namely learning that consciously and systematically develops instructions that are mutual, caring and nurturing between fellow students as training for life in real society.

Keywords: Interest in Learning, Economics Lessons, Problem Base Learning Model.

References

Ary, Donald; Lucy Cheser Jacobs, 1982. Pengantar Penelitian Dalam Pendidikan

Introduction to Research In Education, Penerjemah; Arief Furchan.

Surabaya; Usaha Nasional.

Dirdjosisworo, Soedjono, 1986. Pengantar Imu Hukum. Tana Toraja: Rajawali.

H. Djaali, 1995. Metodologi Penelitian: Kumpulan Makalah Penataran, Ujung

Pandang; FP MIPA IKIP Ujung Pandang.

Hartanti, Evi. 2007. Tindak Pidana Korupsi. Tana Toraja: Sinar Grafika.

Kusumaatmadja, Mochtar.2002. Konsep-Konsep Hukum dalam Pembangunan.

Bandung; Alumni.

Jailani, 2002. Dasar-dasar Penelitian: Modul Umum: Bahan Pelatihan Terintegra

si Berbasis Kompetensi Guru SLTP. Tana Toraja: Dit SLTP Dikdasmen,

Depdiknas.Moedjiono, Ed, 1985, Kapita Selekta Metode-Metode

Mengajar, Tana Toraja: Depdikbud.

M. Ahmadi, dkk, 1989, Panduan Kegiatan Diskusi Dalam Proses Belajar

Mengajar, Malang; Proyek P3TK IKIP Malang.

Manan, Bagir. 1995. kekuasaan Kehakiman Republik Indonesia. Bandung:

LPPM-UNISBA.

Mulyadi, Lilik. 2007. Pembalikan Beban Pembuktian Tindak Pidana Korupsi.

Bandung: Alumni.

Nana Saodih Sukmadinata, 2005. Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung:

Program Pascasarjana UPI bekerjasama dengan Remaja Rasdakarya.

Purwanto, M Ngalim. 1987. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Karya.

Prints, darwan. 2002. Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi. Bandung:

Citra Aditya Bakti.

Rahardjo, Satjipto. 1979. Hukum dan Perubahan Sosial. Bandung: Angkasa.

Rahardjo, Satjipto. 1979. Hukum dan masyarakat. Bandung: Angkasa.

Sudarsono. FX, 1997, Rencana Desain dan Implementasi. Pedoman Penelitian

Tindakan Kelas, Bagian keempat. Yoyakarta; UP3GSD-UKMPSD.

Sukamto, 1996. Pedoman Observasi Penelitian Kelas. Makalah disajikan dalam

Pentaran Classroom Action Research. Oleh Lembaga Penelitian IKIP

Yogyakarta, 13 – 19 Maret 1996.

Suriasumantri, JS. 1986. Pedoman Penulisan Ilmiah. Tana Toraja: PT. Gramedia.

Syah, Muhibbin. 2003. Psikologi Belajar. Tana Toraja: PT. Raya Grafindo Persada

Additional Files

Published

2025-10-23

How to Cite

Hartati, ., Kambey, J., Korengkeng, N., & Laloan, C. (2025). MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MATA PELAJARAN EKONOMI MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA KELAS X SMAN 5 TANA TORAJA TAHUN PELAJARAN 2023-2024 . Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 4(2s), 186–198. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v4i2s.8144