UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VII MATERI PELAJARAN IPS DI TOPIK INTERAKSI KEGIATAN EKONOMI DI SMP KRISTEN BAITANI LAPANGAN

Authors

  • Gilly Tiwow Universitas Negeri Manado
  • Robert Winerungan PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO
  • Pingkan Wulan Lalonsang PENDIDIKAN PROFESI GURU UNIVERSITAS NEGERI MANADO

DOI:

https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8707

Keywords:

Learning Outcomes, Problem Base Learning

Abstract

                     ABSTRAK

 

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan pemmbelajaran pada penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), untuk menganalisis hasil belajar siswa pada penerapanan model pembelajaran problem based learning (PBL), serta untuk menganalisis respon siswa setelah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL). Jenis penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan rancangan model penelitian dari Kemmis dan Mc Taggart. Subjek dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII SMP Kristen Baitani Lapangan dengan jumlah sebanyak 32 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru telah melaksanakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) sesuai dengan sintak yang terdapat pada RPP yang dibuktikan dengan perolehan skor keterlaksanaan pada siklus I sebesar 68% dan pada siklus II sebesar 84%. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang dibuktikan dengan ketuntasan klasikal sebesar 70% pada siklus I sedangkan pada siklus II sebesar 86%. Respon siswa terhadap penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) mendapatkan repon positif yang dibuktikan dengan perolehan skor pada siklus I sebesar 80% dan pada siklus II sebesar 91,6%.

Kata Kunci : Hasil Belajar, Problem Based Learning

 

 

ABSTRACT

This research aims to analyze the implementation of learning in the application of the Problem Based Learning (PBL) learning model, analyze student learning outcomes in the application of the problem based learning (PBL) learning model, and analyze student responses after implementing the Problem Based Learning (PBL) learning model. applying the problem based learning (PBL) learning model. This type of research is included in Classroom Action Research (PTK) using a research model design from Kemmis and Mc Taggart. The subjects in this research were 32 students in class VIII of Baitani Field Christian Middle School. The results of the research show that the teacher has implemented the Problem Based Learning (PBL) learning model in accordance with the syntax contained in the RPP as evidenced by the achievement value in cycle I of 68% and in cycle II of 84%. Student learning outcomes have increased as evidenced by classical completion of 70% in cycle I while in cycle II it was 86%. Students' responses to the application of the problem based learning (PBL) learning model received a positive response as evidenced by the score obtained in cycle I of 80% and in cycle II of 91.6%.

Keywords: Learning Outcomes, Problem Based Learning

 

References

Al-Tabany, T. I. B. (2015). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progersif, dan Kontekstual: konsep, landasan,dan implementasi pada kurikulum 2013 (Kurikulum Tematik Integratif/TIK). Jakarta: Prenadamedia Group.

Amrina, R. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Geografi Materi Dinamika Dan Masalah Kependudukan Kelas XI IPS 1 Di SMA Negeri 1 Pasir Belengkong Kabupaten Paser Kalimantan Timur. Universitas Negeri Surabaya. Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara. Fathurrohman, Muhammad. (2015). Paradigma Pembelajaran Kurikulum 2013: Strategi Alternatif Pembelajaran di Era Global. Yogyakarta: Kalimedia Gardner,

John W. (2011). Cooperative Learning Series Problem Based Learning. Study Guides and Strategy. Online (http://www.studygs.net/pbl.htm).

Hafsah. (2017). Pembelajaran Berbasis Masalah Dalam Meningkatkan Pemahaman Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan Akuntansi Keuangan. Kumpulan Jurnal Dosen Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara.

H Sumitro, A., Setyosari, Punaji, & Sumarmi. (2017). Penerapan Model Problem Based Learning Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan Vol 2 No 9 Bulan September Tahun 2017.

Lie, Anita. (2017). Cooperative Learning: Mempraktikkan Cooperative Learning di RuangRuang Kelas. Jakarta: PT Gramedia. Mulyasa. (2017). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya. Muslihati. (2005). Belajar dan Pembelajaran. Malang: Lembaga Pendidikan Pembelajaran (LP3) UM.

Permendikbud RI. (2013). Tentang Kerangka Dasar Dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah No 69 Tahun 2013.

Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung:

Alfabeta. Samsiah. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi Pada Materi Mengelola Kartu Piutang Siswa Kelas XI Akuntansi 1 Smk Negeri 1 Meulaboh Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Variasi, Vol 9 No 4.

Shoimin, A. (2017). 68 Model Pembelajaran Inofativ Dalam Kurikulum 2013 (Cetakan I). Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sudjana, N. (2014). Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Suleman, A. (2015). Pengembangan Kurikulum 2013 Dalam Paradigma Pembelajaran Kontemporer. ISLAMADINA, Vol XIV, No. 1

Wibowo, D. H. (2015). Penerapan Pengelompokan Siswa Berdasarkan Prestasi di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Psikologi Undip Vol.14 No.2 Oktober 2015.

Downloads

Published

2024-03-28

How to Cite

Tiwow, G., Winerungan, R., & Lalonsang, P. W. . (2024). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA KELAS VII MATERI PELAJARAN IPS DI TOPIK INTERAKSI KEGIATAN EKONOMI DI SMP KRISTEN BAITANI LAPANGAN. Literacy: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 5(1s), 193–199. https://doi.org/10.53682/jpeunima.v5i1s.8707