PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP PERILAKU BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS TINGGI SD INPRES 5/81 TENDEKI
Main Article Content
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh media sosial terhadap kedisiplinan belajar peserta didik kelas tinggi SD Inpes 5/81 Tendeki. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif dengan teknik pengambilan random sampling dengan responden sebanyak 33 orang peserta didik SD Inpres 5/81 Tendeki. Data dalam penelitian dikumpulkan menggunakan angket/kuosioner dengan skala linkert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear sederhana dengan bantuan komputer SPSS 23 for windows. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh antara media sosial terhadap perilaku belajar peserta didik dengan persamaan regresi Y = 65,305 + 0,231 X hasil ini menunjukkan bahwa apabila terjadi kenaikan nilai pada variabel media sosial (X), maka akan diikuti kenaikan nilai pada variabel perilaku belajar peserta didik (Y), artinya setiap peningkatan satu skor pada media sosial akan memberikan kenaikan dalam perilaku belajar peserta didik sebesar 0,231 pada konstanta 65,305. Persamaan regresi dilakukan dengan uji Fhitung pada taraf signifikan 0,05. Berarti Ha diterima H0 ditolak. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh media sosial terhadap perilaku belajar peserta didik kelas tinggi SD Inpres 5/81 Tendeki doterima dan signifikan, dengan nilai koefisien regresi (F) sebesar 9.050 dengan nilai signifikansi 0.005.