PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DIKELAS V SDN INPRES 12/79 GIRIAN BAWAH

Main Article Content

Rantika Songigilan
Roos M. S. Tuerah
Margaretha O. Sumilat

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN Inpres 12/79 Girian  Bawah. Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Menurut Kemmis dan Mc. Taggart  meliputi empat tahap yaitu : (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres 12/79 Girian Bawah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari 2 sklus. Teknik analisis data menggunakan rumus KB=T/Tt x100%. Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 64,6% sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 86,8% siswa sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembehasan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Inpres 12/79 Girian Bawah.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>