PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PJBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DIKELAS V SDN INPRES 12 79 GIRIAN BAWAH

Authors

Keywords:

Model Pembelajaran Project Based Learning, Hasil Belajar IPA

Abstract

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning< em> PJBL untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN Inpres 12 79 Girian nbsp; Bawah Peneliti menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas PTK Menurut Kemmis dan Mc Taggart nbsp; meliputi empat tahap yaitu : 1 perencanaan 2 tindakan 3 observasi dan 4 refleksi yang dilaksanakan dengan dua siklus Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Inpres 12 79 Girian Bawah dengan menggunakan model pembelajaran Project Based Learning< em> PJBL Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari 2 sklus Teknik analisis data menggunakan rumus KB=T Tt x100 Hasil yang diperoleh pada siklus I mencapai 64 6 sedangkan pada siklus II hasil belajar siswa mencapai 86 8 siswa sudah memahami dan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan Berdasarkan hasil penelitian dan pembehasan dapat disimpulkan bahwa melalui model pembelajaran Project Based Learning< em> PJBL dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN Inpres 12 79 Girian Bawah < p>

References

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>