PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES LANSOT

Authors

  • Merini Ratu Universitas Negeri Manado
  • Widdy H. F. Rorimpandey Universitas Negeri Manado
  • Deddy F. Kumolontang Universitas Negeri Manado
  • Winda L. Lumbantobing Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model pembelajaran Project Based Learning, hasil belajar IPA, Sekolah Dasar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi organ tubuh manusia kelas V SD Inpres Lansot dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Lansot dengan jumlah siswa 9 orang yang terdiri dari 6 laki-laki dan 3 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar pada siklus I sebesar 62.2% meningkat pada siklus II menjadi 84,4%. Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi organ tubuh manusia kelas V di SD Inpres Lansot.

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>