PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS V DI SD INPRES LANSOT
Keywords:
Model pembelajaran Project Based Learning, hasil belajar IPA, Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa pada materi organ tubuh manusia kelas V SD Inpres Lansot dengan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning< em> PjBL Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus penelitian terdiri dari 4 empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD Inpres Lansot dengan jumlah siswa 9 orang yang terdiri dari 6 laki laki dan 3 perempuan Hasil penelitian menunjukan bahwa nilai rata rata hasil belajar pada siklus I sebesar 62 2 meningkat pada siklus II menjadi 84 4 Dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Project Based Learning< em> PjBL dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi organ tubuh manusia kelas V di SD Inpres Lansot < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id