PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada materi Upaya Menjaga Keseimbangan dan Pelestarian Sumber Daya Alam melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) di kelas IV SD GMIM 2 Tinoor. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Tenik analisis data dilakukan dalam suatu penelitian untuk menarik kesimpulan dari keseluruhan data yang telah diperoleh. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus dengan hasil analisis ketuntasan belajar pada siklus I hanya mencapai 60,8% dan siklus II sudah mencapai 86,4% yang mana hasil ini sudah memuaskan. Berdasarkan hasil tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning dalam pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPA pada siswa kelas IV SD GMIM 2 Tinoor.