PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES TANGGARI
Keywords:
Problem Based Learning, Ilmu Pengetahuan Sosial, Hasil Belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Tanggari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik yang digunakan dalam menjaring data dalam penelitian tindakan ini adalah teknik tes dan non tes. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV pada aspek pengetahuan dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) di setiap siklusnya dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh pihak sekolah dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) yaitu skor 75. Hasil tes siklus I menunjukkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 62,5%. Pada siklus II perolehan ketuntasan belajaran secara klasikal yang dicapai oleh siswa meningkat yaitu 91,71% yang artinya proses pembelajaran yang dilaksanakan melalui model pembelajaran berdasarkan masalah terlaksana dengan efektif. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa penerapan model Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Inpres Tanggari.