PENGARUH POLA ASUH ORANG TUA TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PADA SISWA KELAS V SD GMIM 02 MANADO

Authors

  • Veren V. Mantiri Universitas Negeri Manado
  • Lucia A. M. Pati Universitas Negeri Manado
  • Risal M. Merentek Universitas Negeri Manado

Keywords:

Pengaruh Pola Asuh, Motivasi Belajar, Sekolah Dasar

Abstract

Berdasarkan hasil observasi yang telah dilakukan peneliti di SD GMIM 02 Manado diketahui bahwa dengan pola asuh yang baik dapat berpengaruh langsung terhadap motivasi belajar anak di sekolah. Hal itu mendorong penulis untuk melakukan penelitian tentang Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas V SD GMIM 02 Manado. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi  belajar pada siswa kelas V SD GMIM 02 Kota Manado. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah  metode penelitian kuantitatif. Berdasarkan hasil pengujian, diketahui bahwa pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap motivasi belajar, artinya setiap terjadiya penambahan pada pola asuh orang tua maka akan meningkatkan motivasi belajar.Hal ini yang diperkuat dan didukung oleh nilai signifikansi lebih kecil dari nilai alpha yai   tu 0,001 < 0,05 artinya pola asuh orang tua berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi belajar pada peserta didik kelas tinggi SD GMIM 02 Manado. Maka dari itu dapat di ketahui bahwa terdapat pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD GMIM 02 Kota Manado dan besarnya pengaruh pola asuh orang tua terhadap motivasi belajar siswa kelas V di SD GMIM 02 Kota Manado

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>