PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SD GMIM IV BITUNG
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning, hasil belajar, pembelajaran IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial di lingkungan sekitar siswa kelas V SD GMIM IV Bitung melalui model problem based learning. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD GMIM IV Bitung dengan jumlah siswa 14 orang yang terduru dari 6 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data yang di gunakan peneliti adalah observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I mencapai ketuntasan sebesar 43%, kemudian meningkat pada siklus II mencapai ketuntasan sebesar 93%. Selain itu nilai rata-rata hasil belajar juga meningkat dari siklus I sebesar 64,28 meningkat pada siklus dua menjadi 82,85. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPS dengan materi pokok masalah sosial di lingkungan sekitar siswa kelas V di SD GMIM IV Bitung.