PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STAD (STUDENT TEAM CHIEVEMENT DIVISION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SD GMIM V TOMOHON
Keywords:
Model Kooperatif tipe STAD (Student Team Achieveme Division), hasil belajar, pembelajaran IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA melalui penerapan model pembelajaran Student Team Achievement Division di kelas V SD GMIM V Tomohon. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan/tindakan, observasi dan refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas V yang berjumlah 14 orang yang terdiri dari 7 siswa laki-laki dan 7 siswa Perempuan. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes kemudian dianalisis dengan teknik presentase. Hasil penelitian dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division menunjukan bahwa ketuntasan belajar pada siklus I sebesar 29% dengan nilai rata-rata 68,57, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 100% dengan nilai rata-rata sebesar 87,14. Kesimpulan penelitian ini bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Student Team Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SD GMIM V Tomohon khususnya pada materi sifat-sifat cahaya.