PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS I SD INPRES WAILAN
Keywords:
Model Project based Learning, Meningkatkan Keterampilan Membaca, FlashAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Preject Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Penggunaan Flash card Pada Siswa Kelas I SD INPRES Wailan. Penelitian ini menggunakan model spriral kemmis dan Mc. Taggart (Aqib Zainal ,2006:22),yang terdiri dari 4 tahap,Perencanaan, Tindakan,Observasi ,dan Refleksi yang digunakan dalam II siklus . Subjek Penelitian ini adalah untuk kelas I SD INPRES Wailan dengan jumlah siswa 15 orang , yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan . Untuk mengumpulkan data digunakan teknik pengumpulan data observasi dan hasil tes siswa .Analisis data menunjukkan bahwa hasil pembelajaran saat melakukan tindakan mengalami peningkatan ,Peningkatan tersebut di tujukan dari hasil analisis yang didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I adalah 58 % dan pada siklus II 86 % . Dari hasil penelitian dan membandingkan setiap siklus maka terlihat peningkatan pada hasil belajar siswa dengan materi awas kuman .Maka Pelaksanaan tindakan dapat dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut Penerapan Model Pembelajaran Preject Based Learning dapat Meningkatkan Keterampilan Membaca Melalui Penggunaan Flash card Pada Siswa Kelas I SD INPRES Wailan.Saran bagi guru agar bisa dapat menerapkan model pembelajaran Project based Learning pada kelas I Serta bagi siswa lebih memahami pelajaran dan cara belajar bersama dalam kelompok