PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MELALUI PENGGUNAAN FLASH CARD PADA SISWA KELAS I SD INPRES WAILAN

Authors

  • Lestari Girsang Universitas Negeri Manado
  • Joulanda A. M. Rawis Universitas Negeri Manado
  • Steven Mandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Project based Learning, Meningkatkan Keterampilan Membaca, Flash

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Penerapan  Model Pembelajaran  Preject Based Learning  Untuk  Meningkatkan  Keterampilan Membaca Melalui Penggunaan Flash card  Pada Siswa Kelas I SD INPRES Wailan. Penelitian ini menggunakan  model spriral kemmis dan Mc. Taggart (Aqib Zainal ,2006:22),yang terdiri dari 4 tahap,Perencanaan, Tindakan,Observasi ,dan Refleksi yang  digunakan dalam II siklus . Subjek Penelitian ini adalah untuk kelas I SD INPRES Wailan dengan jumlah siswa 15 orang , yang terdiri dari 6 orang laki-laki dan 9 orang perempuan . Untuk mengumpulkan data  digunakan teknik pengumpulan  data observasi dan hasil tes siswa .Analisis data menunjukkan bahwa hasil pembelajaran saat melakukan tindakan mengalami peningkatan ,Peningkatan tersebut di tujukan  dari hasil analisis yang didapatkan bahwa nilai rata-rata pada siklus I adalah 58 %  dan pada siklus II 86  % . Dari hasil penelitian dan membandingkan setiap siklus maka  terlihat peningkatan pada  hasil belajar siswa dengan materi  awas kuman .Maka Pelaksanaan tindakan  dapat dinyatakan berhasil. Kesimpulan penelitian ini adalah sebagai berikut Penerapan  Model Pembelajaran  Preject Based Learning  dapat Meningkatkan  Keterampilan Membaca Melalui Penggunaan Flash card  Pada Siswa Kelas I SD INPRES Wailan.Saran bagi guru  agar bisa dapat  menerapkan  model pembelajaran Project based Learning   pada kelas I  Serta bagi siswa lebih memahami  pelajaran dan cara belajar bersama dalam kelompok

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>