PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INTERAKTIF DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS IV SD KATOLIK 3 WOLOAN

Main Article Content

Wildy A. Rumangkang
Joulanda A. M. Rawis
Jeanne M. Mangangantung

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas IV SD Katolik 3 Woloan melalui penerapan model pembelajaran interaktif. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “Bagaimana Penerapan model pembelajaran interaktif dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas IV SD Katolik 3 Woloan tahun ajaran 2023/2024”. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yaitu guru yang berperan langsung dalam kegiatan pembelajaran. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Katolik 3 Woloan semester I tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah 16 siswa. Objek penelitian ini adalah minat belajar IPA siswa kelas IV SD Katolik 3 Woloan semester I tahun ajaran 2023/2024. Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh kesimpulan bahwa Penerapan Model Pembelajaran Interaktif ini, dapat meningkatkan minat belajar IPA siswa kelas IV SD Katolik 3 Woloan pada materi Bagian-Bagian Tumbuhan dan Fungsinya, yang mana rata-rata minat belajar IPA siswa berdasarkan indikator pembelajaran secara keseluruhan pada siklus I sebesar 69%, dan minat belajar IPA siswa berdasarkan indikator pembelajaran secara keseluruhan pada siklus II mencapai 80,87%, sedangkan minat belajar IPA siswa per indikator sudah mencapai target yaitu 75%. Dari penjelasan diatas menunjukkan bahwa minat belajar IPA siswa kelas IV SD Katolik 3 Woloan dapat ditingkatkan melalui Penerapan Model Pembelajaran Interaktif.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)