PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD GMIM VI TOMOHON
Keywords:
model pembelajaran talking stick, hasil belajar IPSAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk untuk mengetahui bagaimana Penerapan Model Pembelajaran Talking Stick< em> Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas IV Sd Gmim VI Tomohon Peneliti menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas Menurut kemmis dan Mc Taggart meliputi empat tahap yaitu : 1 perencanaan 2 tindakan 3 observasi 4 refleksi yang dilakukan dengan dua siklus Adapun yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM VI TOMOHON dengan menggunakan model pembelajaran talking stick< em> teknik pengumpulan data dilakukan melalui pengamatan dan evaluasi yaitu dengan mengamati secara langsung pelaksanaan tindakan pembelajaran dan tes tertulis untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa dapat memahami materi dari nbsp; dua siklus Teknik analisis data menggunakan rumus KB = nbsp;X 100 Hasil belajar siswa siklus 1 62 33 meningkat menjadi 83 pada siklus 2 Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran talking stick< em> dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id