PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS VI SDGP SULUUN IV
Keywords:
Hasil belajar IPS, model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPS melalui model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada siswa Kelas VI SDGP Suluun IV. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus yang setiap siklus terdapat kegiatan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SDGP Suluun IV yang berjumlah 14 siswa. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah teknik observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum dilakukan tindakan ada 3 siswa atau 21,42% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Setelah dilakukan tindakan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di siklus I, hasil tes di siklus I ada 6 siswa atau 43% dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Pada siklus II meningkatkan hasil belajar IPS siswa, ditandai ada 14 siswa atau 100 % dari seluruh siswa yang mendapat nilai ≥ 75. Nilai rata-rata hasil tes meningkat, pada siklus I yaitu 67,14 meningkat pada siklus II yaitu 84,28. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa Kelas VI SDGP Suluun IV. Disarankan model pembelajaran kooperatif tipe STAD diterapkan pada mata pelajaran yang lain agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa.