PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA TENTANG PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR GMIM KINILOW
Keywords:
Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Hasil Belajar, Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas IV SD GMIM Kinilow melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikemukakan oleh Kemmis dan Mac Taggrat (Zainal Aqib 2007:31) yang terdiri empat tahapapan utama, yaitu: perencanaan, pelaksanaan atau tindakan, pengamatan atau observasi, dan refleksi. Pelaksanaan penelitian dilakukan dalam 2 siklus dengan standart yang ditentukan secara klasikal yaitu ≥ 75%. Capaian hasil yang diperoleh pada siklus 1 yaitu 69,44%, dengan jumlah 18 siswa dan hanya 9 siswa yang memenuhi ketuntasan belajar dan 9 siswa lainnya tidak memenuhi ketuntasan belajar. Kemudian, terjadi peningkatan pada siklus 2 menjadi 90,55%, dengan jumlah siswa yang memenuhi ketuntasan belajar yaitu 16 siswa dan yang tidak memenuhi ketuntasan belajar tersisa 2 siswa. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi membaca tentang pemahaman cerita anak pada siswa kelas IV SD GMIM Kinilow, yang pada siklus 1 siswa kurang mampu mengerti cara membaca tentang pemahaman pada materi mengenai cerita anak dengan berbagai faktor yang ada, baik dari peneliti maupun daripada siswa sendiri. Setelah dievaluasi berbagai faktor yang mempengaruhi hasil belajar dan siswa diberikan pemahaman kembali maka terjadi peningkatan hasil belajar pada siklus 2.