MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TYPE JIGSAW PADA MATA PELAJARAN IPS SISWA KELAS IV SD NEGERI 01 MANADO

Main Article Content

Angraini Hamzah
Fientje Oentoe
Hetty J. Tumurang

Abstract

Tugas pendidik atau guru adalah menciptakan suasana pembelajaran yang dapat membuat siswa untuk senantiasa belajar dengan terjadi interaksi dan bersemangat, guru kelas IV di SD N 1 Manado melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif.“Metode deskriptif adalah suatu metode yang digunakan untuk menggambarkan atau menganalisis suatu hasil penelitian tetapi tidak digunakan untuk membuat kesimpulan yang lebih luas (sugiyono 2005:21)” Pendekatan Penelitian Pendekatan kualitatif telah digunakan mengingat penelitian ini berbentuk tindakan atau kegiatan dari seseorang atau sekelompok orang yang berkaitan dengan kegiatan manajemen kepala sekolah dalam mengelolah sumber daya manusia, dan objek penelitian bersifat alami (natural) . data yang telah diungkap berupa kata-kata, kalimat-kalimat, paragraph-paragraf, dokumen-dokumen


Berdasarlan hasil paparan data, temuan dan pembahasan hasil penelitian, penulis memperoleh kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian mengenai Penerapan  Model Pembelajaran Kooperatif Type Jigsaw Pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Manado, sebagai berikut:1. Guru kelas IV melaksanakan atau menerapkan model pembelajaran jigsaw dengan menyesuaikan dengan kebutuhan anak, kesesuaian dengan mata pelajaran serta memberikan sedikit teknik atau sentuhan dan diterapkan berdasarkan kaidah-kaidah atau langkah-langkah model pem,belajaran jigsaw. 2. Dalam pelaksanaan pembelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran jigsaw guru kelas IV melaksanakan dengan begitu teliti, yaitu berdasarkan perhitungan atau langkah-langkah yang dilakukan dan pembelajaran IPS dilaksanakan begitu sesuai, searah dan berkesinambungan dengan model pembelajaran jigsaw.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>