PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN LANGSUNG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS V SD INPRES KAKASKASEN III

Main Article Content

Albain
Hetty J. Tumurang
Katrina Siwi

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi yang peneliti temukan di SD Inpres Kakaskasen III, yaitu dalam pembelajaran Bahasa Indonesia guru belum menggunakan model pembelajaran yang tepat dalam mengajar sehingga terdapat rendahnya pemahaman siswa terhadap pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya materi membaca cepat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Indoneisa melalui penerapan model Pembelajaran Langsung di kelas V SD Inpres Kakaskasen III.Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dari Kemmis dan Mc Taggart (dalam Zainal Aqib, 2006:31) yang terdiri dari empat tahap yaitu : Perencanaan, Tindakan, Observasi, Refleksi dan dilaksanakan dalam dua siklus. Adapun yang menjadi subjek penelitian dalam model pembelajaran ini adalah siswa kelas V SD Inpres Kakaskasen III yang berjumlah 18 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 7 siswa perempuan.Berdasarkan hasil yang di peroleh dari siswa pada siklus II, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model Pembelajaran Langsung dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia pada siswa kelas V SD Inpres Kakaskasen III. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan di SD Inpres Kakaskasen III, disarankan kepada guru unutk menggunakan model Pembelajaran Langsung dalam pembelajaran Bahasa Indonesia pada materi membaca cepat.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>