PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SD GMIM 1 MADIDIR

Authors

  • Trivena A. O. Ticoalu Universitas Negeri Manado
  • Steven Mandey Universitas Negeri Manado
  • Lucia A. M. Pati Universitas Negeri Manado

Keywords:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD GMIM 1 Madidir melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM 1 Madidir. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes. Hasil belajar siklus I menunjukkan 67,32% dan siklus II menunjukkan 85,17%. Keberhasilan penelitian ini tidak lepas dari upaya guru dalam menggunakan model pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan siswa yaitu Problem Based Learning (PBL). Dengan demikian dapat dikatakan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD GMIM 1 Madidir.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>