PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV DI SD GMIM SONDER
Keywords:
hasil belajar, Pemecahan Masalah (problem solving), aktivitas belajarAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan penerapan metode pembelajaran Problem solving< em> di kelas IV SD GMIM Sonder Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK meliputi tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi Dalam pelaksanaan tindak siklus I dan siklus II yang juga mengalami peningkatan walaupun pelaksanaan tidak begitu jauh namun dikarenakan kemauan belajar dan kompetensi guru yang begitu besar mampu mengubah keadaan yang pada siklus I di anggap belum berhasil Namun pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik Pada siklus I hasil belajar siswa ialah 60 05 sementara KKM 70 dan pada siklus II mengalami perkembangan dan hasil belajar siswa berada pada 94 37 dan telah nbsp; melewati KKM pada mata pelajaran tersebut Dengan demikian hasil penelitian di SD GMIM SONDER telah tercapai dengan baik < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id