PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA MATERI MENGANALISIS UNSUR INTRINSIK DALAM CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS IV DI SD GMIM SONDER

Authors

  • Cherlin K. Mangare Universitas Negeri Manado
  • Mersty E. Rindengan Universitas Negeri Manado
  • Steven Mandey Universitas Negeri Manado

Keywords:

hasil belajar, Pemecahan Masalah (problem solving), aktivitas belajar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini, adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan penerapan metode pembelajaran Problem solving di kelas IV SD GMIM Sonder. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) meliputi tahap perencanaan,pelaksanaan,observasi dan refleksi. Dalam pelaksanaan tindak siklus I dan siklus II yang juga mengalami peningkatan walaupun pelaksanaan tidak begitu jauh namun dikarenakan kemauan belajar dan kompetensi guru yang begitu besar mampu mengubah keadaan yang pada siklus I di anggap belum berhasil. Namun pada siklus II mengalami peningkatan yang sangat baik. Pada siklus I hasil belajar siswa ialah 60,05% sementara KKM 70 dan pada siklus II mengalami perkembangan dan hasil belajar siswa berada pada 94,37% dan telah  melewati KKM pada mata pelajaran tersebut. Dengan demikian hasil penelitian di SD GMIM SONDER telah tercapai dengan baik.

Downloads

Published

2024-11-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>