PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS V SDN INPRES 12\79 GIRIAN BAWAH
Keywords:
Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, IPAAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Problem Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA dengan materi Siklus Air. Pada penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri atas 4 langkah yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD INPRES 12\79 Girian Bawah dengan jumlah siswa 27 orang siswa. Hasil penelitian menunjukan silkus I memperoleh 18,51% dan siklus II menujukan hasil 77,77% dari hasil pencapaian siswa. Dari penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa peningkatan hasil belajar yang terjadi pada siklus I dan II sangat signifikan dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL). Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan menerapkan pembelajaran menggunakam Problem Based Learning (PBL) dapat mengatasi masalah hasil belajar siswa yang terjadi di Sekolah.