PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS HIGHER ORDER THINGKING SKILLS PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD GMIM BUKIT KASIH GIRIAN PERMAI
Keywords:
Model Problem Based Learning, Higher Order Thingking Skills, Hasil belajarAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil Pembelajaran IPA dengan menerapkan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS) di kelas V di SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai. Subjek Penelitian ini yakni siswa kelas V SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai. Desain penelitian yang digunakan yakni desain Penelitian Tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus, prosedur dalam setiap siklus yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi.Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi siswa dan tes formatif siklus I dan siklus II, lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Hasil penelitian menunjukan rata - rata peserta didik yang tuntas hanya 66,7 % dan nilai rata – rata siswa mencapai 77,67 dan pada siklus kedua meningkat pada ketuntasan belajar siswa menjadi 100% dan nilai rata – rata sebesar 88,86. Kemudian keaktifan belajar siswa pada siklus I awal penerapan model Problem Based Learning (PBL) sebesar 77,27 dan meningkat pada siklus II sebesar 89,26%.Dapat disimpulkan bahwa penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Higher Order Thingking Skills (HOTS)) pada siswa kelas V di SD GMIM Bukit Kasih Girian Permai dapat meningkatkan hasil belajar IPA serta keaktifan belajar siswa.