PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI KELAS IV SD GMIM RAANAN BARU
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD GMIM (Sekolah Dasar Gereja Masehi Injili di Minahasa) Raanan Baru melalui penerapan model pembelajaran project based learning (pjbl).Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM Raanan Baru yang berjumlah 23 orang, 13 orang laki-laki dan 10 orang perempuan . Untuk mendapatkan data maka digunakan teknik pengumpulan data, melalui: tes tertulis pada siklus I dan II dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Hasil belajar siswa yang diperoleh pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 62,60% dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 52,17% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas mencapai 83,04% dan persentase ketuntasan belajar mencapai 91,30%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SD GMIM Raanan Baru dengan menggunakan model pembelajaran project based learning (PjBL) Pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Diharapkan model pembelajaran project based learning (PjBL) ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.