PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING PjBL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI KELAS IV SD GMIM RAANAN BARU
Keywords:
Model Pembelajaran, Project Based Learning, Keterampilan Menulis PuisiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD GMIM Sekolah Dasar Gereja Masehi Injili di Minahasa Raanan Baru nbsp; melalui nbsp; penerapan nbsp; model nbsp; pembelajaran project based learning pjbl < em>Metode penelitian yang digunakan adalah nbsp; Penelitian Tindakan nbsp; Kelas PTK yang nbsp; dilaksanakan dalam 2 siklus yang terdiri dari 4 tahap yaitu: Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Observasi dan Refleksi Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM Raanan Baru yang berjumlah 23 orang 13 orang laki laki dan 10 orang perempuan Untuk mendapatkan data maka digunakan teknik pengumpulan data melalui: tes tertulis pada siklus I dan II dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa Hasil nbsp; belajar siswa yang nbsp; diperoleh pada siklus I nilai rata rata kelas mencapai 62 60 dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 52 17 dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata rata kelas mencapai 83 04 dan persentase ketuntasan belajar mencapai 91 30 Berdasarkan hasil nbsp; penelitian tersebut maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa nbsp; kelas IV SD GMIM Raanan Baru dengan menggunakan model nbsp; pembelajaran project nbsp; based learning PjBL < em>Pada mata nbsp; pelajaran Bahasa Indonesia Diharapkan nbsp; model pembelajaran nbsp; project nbsp; based learning PjBL < em>ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id