PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DI KELAS IV SD GMIM RAANAN BARU

Main Article Content

Queency E. Rewah
Mersty E. Rindengan
Mozes Y. Legi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas IV SD GMIM (Sekolah Dasar Gereja Masehi Injili di Minahasa) Raanan Baru  melalui  penerapan  model  pembelajaran project based learning (pjbl).Metode penelitian yang digunakan adalah  Penelitian Tindakan  Kelas (PTK) yang  dilaksanakan dalam 2 siklus, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IV SD GMIM Raanan Baru yang berjumlah 23 orang, 13 orang laki-laki dan 10 orang perempuan . Untuk mendapatkan data maka digunakan teknik pengumpulan data, melalui: tes tertulis pada siklus I dan II dan lembar pengamatan aktivitas belajar siswa. Hasil  belajar siswa yang  diperoleh pada siklus I nilai rata-rata kelas mencapai 62,60% dengan persentase ketuntasan belajar mencapai 52,17% dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan nilai rata-rata kelas mencapai 83,04% dan persentase ketuntasan belajar mencapai 91,30%. Berdasarkan hasil  penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa  kelas IV SD GMIM Raanan Baru dengan menggunakan model  pembelajaran project  based learning (PjBL) Pada mata  pelajaran Bahasa Indonesia. Diharapkan  model pembelajaran  project  based learning (PjBL) ini dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>