PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD INPRES I RUMOONG ATAS 2
Keywords:
Model pembelajaran problem based learning, hasil belajar Bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning < em>pada siswa kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2 Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas PTK yang terdiri dari 2 siklus setiap siklus penelitian terdiri dari 4 empat tahapan yaitu perencanaan tindakan observasi dan refleksi Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2 dengan jumlah siswa 12 orang yang terduru dari 3 laki laki dan 9 perempuan Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I yang tuntas 6 dari 12 siswa atau 50 siklus II 12 siswa tuntas atau 100 Ketuntasan Belajar KB siklus I 67 91 sedangkan siklus II 85 83 Sesuai dengan rumusan masalah maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning< em> dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi dongeng kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2 < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id