PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD INPRES I RUMOONG ATAS 2
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning pada siswa kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari 2 siklus, setiap siklus penelitian terdiri dari 4 (empat) tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2 dengan jumlah siswa 12 orang yang terduru dari 3 laki-laki dan 9 perempuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa siklus I yang tuntas 6 dari 12 siswa atau 50%, siklus II 12 siswa tuntas atau 100%. Ketuntasan Belajar (KB) siklus I 67,91% sedangkan siklus II 85,83%. Sesuai dengan rumusan masalah maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia materi dongeng kelas IV SD INPRES I Rumoong Atas 2.