PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KEARIFAN LOKAL SISWA KELAS IV SD NEGERI TINIAWANGKO
Keywords:
Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, IPSAbstract
Tujuan dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS Materi Kearifan Lokal siswa kelas IV SD Negeri Tiniawangko dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) pada mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD Negeri Tiniawangko. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan empat tahap yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Tiniawangko. Dengan jumlah siswa adalah 15 siswa terdiri atas 7 laki-laki dan 8 perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan. Pada siklus I, dari 15 siswa kelas IV Negeri Tiniawangko nilai tertinggi yang diperoleh siswa adalah 85 sedangkan nilai terendah siswa yaitu 50. Nilai yang diperoleh siswa secara keseluruhan adalah 66%. Nilai KKM mata pelajaran IPS siswa kelas IV SD GMIM Pinapalangkow adalah 75%. Siswa yang tuntas pada siklus I berjumlah 6 siswa dan siswa yang tidak tuntas sebanyak 9 siswa. Sedangkan ketuntasan siklus II dengan menggunakan model Problem Based Learning siklus II sebesar 89% masuk dalam kategori tuntas. Dengan demikian dapat dikatakan capaian pada siklus II menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning telah berhasil meningkatkan hasil belajar IPS Materi Kearifan Lokal pada pembelajaran pada siswa kelas IV