PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS V SD GMIM PAPAKELAN
Keywords:
Model Pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT), Hasil Belajar, Pembelajaran Matematika di Sekolah DasarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Matematika siswa kelas V SD GMIM Papakelan melalui penerapan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT). Penelitian ini menggunakan model penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap menurut Kemmis dan Mc Taggart (dalam Winarto , 2016:9) yaitu: Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM Papakelan yang dilakukan pada bulan februari tahun 2024. Dengan jumlah siswa adalah 35 orang yang terdiri dari 22 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan tes yang diperoleh dengan melihat nilai evaluasi atau posttest. Data hasil tes yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus ketuntasan hasil belajar secara klasikal menurut Komara dan Mauludin (2016: 43). Hasil ketuntasan secara klasikal yang diperoleh pada siklus I yaitu 54,28% dan siklus II mencapai 100%. Dalam penelitian ini terjadi peningkatan hasil belajar Matematika di kelas V SD GMIM Papakelan sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Dengan demikian dapat dikatakan capaian pada siklus II menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) telah berhasil meningkatkan hasil belajar Matematka dengan materi “FPB dan KPK” pada siswa kelas V SD GMIM Papakelan.