PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 1 AYONG

Authors

  • Farhan Y. Limbanon Universitas Negeri Manado
  • Roos M. S. Tuerah Universitas Negeri Manado
  • Hetty J. Tumurang Universitas Negeri Manado

Keywords:

Model Kooperatif, Tipe STAD, Hasil Belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas IV SD Negeri 1 Ayong melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (classroom Action Research). Subjek penelitian ini siswa kelas IV SD Negeri 1 Ayong yang berjumlah 15 siswa, terdiri dari 7 laki-laki dan 8 perempuan. Metode penelitian menggunakan model Dadang Iskandar (2015, hlm. 23). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik yang digunakan untuk pengumpulan data adalah observasi dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Kooperatif Tipe Stad dapat meningkatkan proses dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Ayong. hal ini terlihat pada peningkatan hasil belajar pada setiap pertemuannya, siklus I 70% dari 15 orang siswa hanya ada 3 orang siswa yang mencapai KKM dan sisanya 12 orang siswa 30% belum mencapai KKM. sedangkan pada siklus II telah mencapai 90% dari 15 orang siswa sudah 14 orang yang mencapai KKM dan 1 orang siswa yaitu 10% belum mencapai KKM. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa Penerapan Model pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran Pada pembelajaran IPS, agar guru memberi keleluasan pada siswa untuk mengkonstruksi pengetahuan sendiri melalui berbagai macam model salah satunya Model Kooperatif Tipe STAD.

Downloads

Published

2025-02-26

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 4 5 6 > >>