PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS PADA SISWA KELAS IV SD KRISTEN MODOMANG
Main Article Content
Abstract
Berdasarkan observasi yang dilakukan di kelas IV SD Kristen Modomang pada mata pelajaran IPS khususnya pada penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture . Peneliti menemukan bahwa Guru terlihat hanya menjelaskan terus menerus, tanpa melihat proses belajar yang terjadi dan keragaman kemampuan yang dimiliki siswa dengan jumlah siswa yang tergolong banyak. Sehingga banyak siswa yang merasa bosan dan kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran dan sulit memahami materi yang diajarkan. Hal ini menyebabkan hasil belajar rendah, dari jumlah 16 siswa hanya 12 siswa yang mendapat nilai sesuai dengan KKM yang ditetapkan dan 4 siswa mendapat nilai di bawah KKM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SD Kristen Modomang, melalui penerapan Model Pembelajaran Picture And Picture. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) berupa siklus, di mana setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, aksi/tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila mencapai indikator keberhasilan dengan ketuntasan secara klasikal 75%. Dari hasil penelitian diperoleh persentase siklus I hasil belajar siswa mencapai 66,25%, sedangkan siklus II persentase hasil belajar siswa mencapai 81,87%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SD Kristen Modomang . Saran bagi guru agar dapat menerapkan penggunaan Model Pembelajaran Picture And Picture dalam pembelajaran IPS di kelas IV agar siswa lebih memahami pelajaran dengan cara belajar bersama dalam kelompok.