PENINGKATKAN HASIL BELAJAR PEMBELAJARAN PKN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Desain penelitian tindakan kelas yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian yang dikemukakan oleh Kemmis dan McTagart yaitu mengikuti alur berbentuk spiral, yang dimodifikasi dan disesuaikan dengan kebutuhan penelitian dan penerapannya dalam Zainal Aqib (2006:8-9). Adapun tahap-tahap penelitian tindakan kelas (PTK) yaitu: Tahap perencanaan, tahap pelaksanaan tindakan, tahap observasi, dan tahap refleksi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar pembelajaran PKn siswa kelas V siswa sekolah dasar menggunakan model contextual teaching and learning.
Pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) siklus I baru mencapai 67,64%. Sedangkan tingkat ketuntasan belajar siswa kelas V SD GMIM Sendangan Sonder baru mencapai 36,36% atau dari 11 siswa, hanya 4 siswa yang telah mencapai ketuntasan belajar. Meningkat pada pada pelaksanaan pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn) siklus II. Di mana hasil proses pembelajaran telah mencapai 98%. Sedangkan tingkat ketuntasan belajar siswa kelas V SD GMIM Sendangan Sonder telah mencapai 100% atau keseluruhan siswa telah mencapai ketuntasan belajar. Penerapan model contextual teaching and learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD GMIM Sawangan Sonder Kabupaten Minahasa pada pembelajaran pendidikan kewarganegaraan (PKn). Karena proses pembelajaran ini secara kontekstual dengan menggunakan masalah dunia nyata sebagai suatu konteks bagi siswa untuk belajar tentang cara berpikir kritis dan ketrampilan pemecahan masalah, serta untuk memperoleh pengetahuan dan konsep yang esensial dari materi pelajaran