PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INSIDE OUTSIDE CIRCLE (IOC) DI KELAS V SD GMIM 24 MANEMBO-NEMBO

Main Article Content

Katrina Siwi

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil temuan peneliti ketika melakukan observasi, dimana pada saat pembelajaran IPS dengan materi Jenis-jenis Usaha dan Kegiatan Ekonomi di Indonesia, siswa sulit dalam mengingat kembali khususnya dalam kegiatan menghafal yang terlalu monoton. Peneliti termotivasi untuk memberikan pembelajaran yang akan meningkatkan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran inside oustide circle (IOC). Rumusan masalah adalah apakah model pembelajan koopertaif tipe inside outside circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi jenis-jenis usaha dan kegiatan ekonomi di Indonesia pada siswa kelas V SD GMIM 24 Manembo-nembo? Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran IOC pada mata pelajaran IPS di kelas V SD GMIM 24 Manembo-nembo. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas Kemmis dan Taggart yang terdiri dari 4 tahap yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pelaksanaan, 3) Observasi, 4) Refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD GMIM 24 Manembo-nembo, dengan jumlah siswa 24 orang, terdiri dari perempuan 11 orang dan laki- laki 13 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah menghitung hasil presentase hasil belajar. Hasil penelitian yang dicapai pada siklus I yaitu 67% dan pada siklus II yaitu 88,75%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, bahwa dengan menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas V SD GMIM 24 Manembo-nembo. Disarankan agar guru menggunakan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)