PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA KELAS IV SD GMIM V TOMOHON

Main Article Content

Gracia G. Kalendesang
Joulanda A. M. Rawis
Fransiska R. Korompis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning di Kelas IV SD GMIM V TOMOHON. Berdasarkan observasi awal yang dilakukan di kelas IV SD GMIM V TOMOHON pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), ditemukan bahwa pelaksanaan pembelajaran guru hanya menggunakan metode ceramah. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (Zainal Aqib, 2006) yang terdiri dari empat tahap, yaitu (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan/Tindakan, (3) Observasi, (4) Refleksi yang dilakukan dalam dua siklus. Pada siklus I mencapai 69,16% sedangkan pada siklus II mencapai 86,45% jadi mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar IPA Pada Siswa Kelas IV Di SD GMIM V Tomohon.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>