IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING PADA SD NEGERI 1 LANGOWAN
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini, yaitu 1) Untuk mengetahui bagaimana rancangan pembelajaran daring. 2) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran daring, dan 3) Untuk mengetahui bagaimana evaluasi pembelajaran daring pada SD Negeri 1 Langowan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan teknik analisis deskriptif. Analisis data hasil penelitian diperoleh dari proses mencari dan menyusun secara sistematis, data yang diperoleh dari hasil observasi, wawancara dan lapangan yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, 1) Rancangan pembelajaran daring pada SD Negeri 1 Langowan yaitu dengan memanfaatkan beberapa macam aplikasi, penggunaan RPP satu lembar dan evaluasi lembar kerja tertulis yang dapat diambil dan dikumpulkan langsung ke sekolah atau home visit. 2) Penerapan pembelajaran daring pada SD Negeri 1 Langowan yaitu, terdapat beberapa faktor penghambat, diantaranya kurangnya efektifitas dan efisiensi waktu, minimnya antusias siswa dan minimnya siswa akan pemahaman materi. Sedangkan faktor pendukung pembelajaran daring yaitu, pemerintah memberikan bantuan kuota belajar untuk guru dan siswa dalam proses pembelajaran daring. 3) Evaluasi pembelajaran daring pada SD Negeri 1 Langowan yaitu dengan melakukan penilaian sesuai RPP Daring 1 lembar yang dianjurkan oleh pemerintah yang didalamnya guru menilai dengan penilaian sikap, pengetahuan, dan keterampilan dari para siswanya dengan berbagai hasil karya yang dibuat dan dikumpulkan.