PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE FUN LEARNING PADA SISWA KELAS III SD GMIM VII TOMOHON

Main Article Content

Ratih Moilati
Meisie L. Mangantes
Richard D. H. Pangkey

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan dengan materi hak dan kewajiban dirumah menggunakan Metode Pembelajaran Fun Learning. Penelitian ini dilaksanakan di kelas III SD GMIM VII Tomohon. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SD GMIM VII Tomohon yang berjumlah 38 peserta didik, yang terdiri dari 17 orang peserta didik laki-laki 21 orang peserta didik perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan cara Observasi dan Tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah dengan persentase dan analisis menurut kategori ketuntasan belajar. Hasil belajar pendidikan kewarganegaraan kelas III SD GMIM VII Tomohon dilihat dari peningkatannya, dari kondisi awal 30% peserta didik yang tuntas dan pada siklus 1 meningkat menjadi 58,15% dan meningkat kembali menjadi 87,36% pada siklus 2. Peningkatan ini sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditetapkan pada mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SD GMIM VII Tomohon yaitu 75. Dengan demikian, penerapan metode pembelajaran Fun Learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran dengan materi yaitu hak dan kewajiban di rumah pada peserta didik kelas III SD GMIM VII Tomohon tahun ajaran 2023/2024.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)