PERAN GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA KELAS IV DI SD GMIM 1 TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV di SD GMIM 1 Tomohon yang terletak di jln. Nazareth, Matani Tiga, Kecamatan. Tomohon Tengah, Kota Tomohon, Sulawesi Utara. Penelitian ini, menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan berlandaskan pada filsafat postpositivisme, alasan penulis memilih judul peran guru dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV di SD GMIM I Tomohon karena ingin mengetahui peran guru dalam meningkatkan minat baca kelas IV DI SD GMIM I Tomohon. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan subjek 2 siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan ada tiga tahapan yaitu: reduksi data, display data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut : (1)Adanya peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan minat baca siswa kelas IV, dapat dilihat dari beberapa aspek yaitu peran guru sebagai sumber belajar, guru sebagai fasilitator, guru sebagai pengelola, guru sebagai demonstrator, guru sebagai pembimbing, guru sebagai motivator. (2) Adanya peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan minat baca kelas IV yaitu memberikan motivasi dan semangat dalam belajar kepada siswa agar bersemangat dalam belajar, dan agar tidak malas dalam belajar karena belajar sangat berguna bagi dirinya dan orang lain nantinya.