PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK KELAS V SD GMIM 8 TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu proses pembelajaran yang masih didominasi oleh model pembelajaran ceramah sehingga siswa lebih banyak bermain, tidak fokus dan tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung. Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek melalui penerapan model pembelajaran Picture And Picture pada siswa kelas V SD GMIM 8 Tomohon. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart (2006) dengan empat tahapan yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan, Observasi, dan Refleksi. Penelitian dilakukan melalui dua siklus. Subjek dari penelitian ini adalah siswa-siswi kelas V SD GMIM 8 Tomohon dengan jumlah 16 orang, 8 orang laki-laki dan 8 orang perempuan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian observasi guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung dan tes.
Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dan tes dihitung dengan menggunakan rumus menurut Trianto (2011:241). Hasil keterampilan menulis cerpen yang diperoleh pada siklus I yaitu 60,62% dan siklus II mencapai 88,75% dalam hal ini terjadi peningkatan sebesar 28,13% untuk keterampilan menulis cerpen di kelas V SD GMIM 8 Tomohon, sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen di kelas V SD GMIM 8 Tomohon.