PENERAPAN MODEL PICTURE AND PICTURE UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA PENDEK KELAS V SD GMIM 8 TOMOHON

Authors

Keywords:

Keterampilan menulis cerita pendek, model pembelajaran Picture And Picture

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi yaitu proses pembelajaran yang masih didominasi oleh model pembelajaran ceramah sehingga siswa lebih banyak bermain tidak fokus dan tidak memperhatikan guru saat proses pembelajaran berlangsung Selanjutnya penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita pendek melalui penerapan model pembelajaran Picture And Picture< em> pada siswa kelas V SD GMIM 8 Tomohon Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas PTK dengan menggunakan model nbsp; Kemmis dan Mc Taggart 2006 dengan empat tahapan yaitu : Perencanaan Pelaksanaan Observasi dan Refleksi Penelitian dilakukan melalui dua siklus Subjek dari penelitian ini adalah siswa siswi kelas V nbsp; SD GMIM 8 Tomohon dengan jumlah 16 orang 8 orang laki laki dan 8 orang perempuan Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan lembar penilaian observasi guru dan siswa saat pembelajaran berlangsung dan tes < p>

Data yang diperoleh dari proses pembelajaran dan tes dihitung dengan menggunakan rumus menurut Trianto 2011:241 Hasil keterampilan menulis cerpen yang diperoleh pada siklus I yaitu 60 62 dan siklus II mencapai 88 75 dalam hal ini terjadi peningkatan sebesar 28 13 untuk keterampilan menulis cerpen di kelas V SD GMIM 8 Tomohon sehingga pelaksanaan tindakan dapat dikatakan berhasil Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan model pembelajaran Picture And Picture< em> dapat meningkatkan keterampilan menulis cerpen di kelas V SD GMIM 8 Tomohon < p>

References

Downloads

Published

2024-02-29

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)