UPAYA GURU DALAM MENGATASI KESULITAN BELAJAR BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV DI SD GMIM III TOMOHON

Main Article Content

Veibe Matalingkas,
Hetty J. Tumurang
Stien A. Dien

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk, (1) mendeskripsikan bentuk kesulitan belajar yang di alami siswa siswa kelas IV SD GMIM III Tomohon. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data diperoleh dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data yang meliputi, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Dan untuk mengecek keabsahan data, digunakan tiga kriteria, yaitu Tahap pendahuluan, tahap penyaringan, dan tahap melengkapi. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa, (1)pendekatan yang yang di gunakan guru SD GMIM III Tomohon pada kelas IV dengan melakukan (a), perbaikan, (b), pengayaan, (c), motifasi pada siswa. Pembelajaran ini diterapkan dengan berbasis pembiasaan, sehingga kegiatan dilaksanakan secara berulang-ulang atau rutin dengan tujuan agar dapat terbentuk kebiasaan dan pembelajaran yang baik pada diri peserta didik. Selain itu peran guru dalam membimbing, mendidik, serta mengajar di setiap kegiatan pembelajaran yang diterapkan juga turut membantu dalam mewujudkan tercapainya tujuan pendidikan yang baik dan berkualitas pada peserta didik. (2) bentuk-bentuk kesulitan belajar yang ada di kelas IV SD GMIM III Tomohon, yaitu di antara lain (a), berkesulitan membaca, (b), kesulitan belajar menulis.dengan ketelatenan ibu guru membiasakan siswanya yang sedang berkesulitan belajar untuk mengerjakan tugas tambahan siswa menjadi terbiasa mengerjakan tugas sedikit demi sedikit siswa menjadi mengerti dengan kesulitan yang di alaminya (3) hambatan yang dialami dalam menjalankan pembelajaran yang ada di kelas IV SD GMIM III Tomohon yaitu antara lain: a), kurangnya sarana dan prasarana pendukung kegiatan, b) peserta didik yang kurang disiplin,. Kemudian solusi yang digunakan untuk mengatasi hambatan tersebut adalah dengan cara guru memberikan pendampingan pada peserta didik serta pihak sekolah secara sedikit demi sedikit terus memperbaiki sarana dan prasaran penunjang kegiatan.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2