UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 24 MANADO
Keywords:
Upaya Guru, Hasil BelajarAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana cara meningkatkan Hasil Belajar 
Ilmu Pengetahuan Sosial pada siswa kelas IV SD Negeri 24 Manado. Pelaksanaan penelitian 
menggunakan metode kualitatif oleh Miles and Huberman dalam Djam’an Satori dan Aan 
Komariah (2013:218). Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu Observasi (pengamatan 
secara langsung terhadap objek), Wawancara (melakukan interaksi langsung dengan objek 
penelitian), Dokumentasi (pengumpulan data). Proses analisis data menggunakan model 
analisis Miles & Hubberman melalui tiga tahapan cara Reduksi Data, Display Data dan 
Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian ini berfokus pada upaya yang digunakan guru untuk 
meningkatkan hasil belajar siswa yaitu: (1) menjadi Pendidik (Educator), (2) Pendorong 
(Motivator),(3) menjadi Pembimbing dan Fasilitator. Selanjutnya analisis penerapan upaya 
guru dalam meningkatkan hasil belajar siswa, melalui perannya guru memiliki strategi yang di 
pakai dalam pembelajaran seperti membuat pembelajaran terlihat menarik dengan melakukan 
permainan yang berkaitan dengan pembelajaran, melakukan praktik dan belajar diluar kelas.
Kendala guru dalam meningkatkan Hasil Belajar siswa adalah kurang aktifnya siswa pada 
waktu pembelajaran. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa upaya guru dalam 
meningkatkan Hasil Belajar siswa Dalam pelajaran IPS di SD Negeri 24 Manado secara umum 
sudah terlaksana dengan baik.
						
											
   widdyrorimpandey@unima.ac.id