PERAN GURU UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA DI KELAS IV SD GMIM 1 TOMOHON
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui peran guru untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dikelas IV SD GMIM I TOMOHON. upaya guru untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia, guru harus mampu berperan aktif dalam proses pembelajaran, merubah model pembelajaran lebih menarik lagi . penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan deskriptif . dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah dan guru kelas tempat penelitian SD GMIM I TOMOHON. dalam mengumpulkan data peneliti menggunakan metode observasi,wawancara,dan dokumentasi . Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. uji keabsahan data dapat dilakukan dengan cara tirangulasi sumber. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan yaitu (1) guru harus berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran (2) guru memberikan beberapa contoh puisi yang mendidik supaya tidak disalahgunakan oleh siswa (3) guru dapat memberikan kesempatan pada siswa untuk membaca dan memahami isi dan memahami isi puisi (4) guru harus menanamkan pada siswa perbedaan membaca puisi dan membaca teks biasa (5) guru selalu memberikan pujian untuk mereka yang berani tampil semampu mereka agar teman-teman lain termotivasi . kendala siswa dalam meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia khususnya membaca puisi yaitu siswa kurang percaya diri untuk berani tampil, siswa kurang minat dan kurang termotivasi dengan membaca puisi. dapat disimpulkan bahwa peran guru sangat penting untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia.