PENGUNAAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS IV SD GMIM TUMARATAS

Main Article Content

Frinlie Josua Arina
Mayske R. Liando
Margareta O. Sumilat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia dengan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) bagi siswa Kelas IV SD GMIM Tumaratas. Penelitian ini menggunakan  penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri atas Perencanaan, tindakan/pelaksanaan, observasi, refleksi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siklus I 58% berdasarkan observasi menunjukkan bahwa belum sesuai dengan KKM Bahasa Indonesia yang ditetapkan oleh pihak sekolah sehingga diadakan refleksi untuk perbaikan maka dilanjutkan ke seiklus II. Hasil dari siklus II meningkat adalah 88,5% maka observasi menunjukan bahwa hasil dari siklus II sudah mencapai KKM. Berdasarkan hasil penelitian tersebut,dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada materi membaca pemahaman siswa kelas IV SD GMIM Tumaratas. Berdasarkan kesimpulan peneliti di kemukakan saran, bagi guru kelas diharapkan dapat menggunakan model Cooperative Integrated Reading Composition (CIRC) dalam pembelajaran Bahasa Indonesia, agar membantu siswa belajar bekerja sama.

Article Details

Section
Articles