PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS DI KELAS V SD GMIM RAANAN BARU
Keywords:
Model Problem Based Learning (PBL), Hasil Belajar, IPSAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar IPS di kelas V SD GMIM Raanan Baru melalui model pembelajaran Problem Based Learning PBL < em> Penelitian ini menggunakan jenis Penilaian Tindakan kelas PTK model Kemmis dan McTaggart dengan empat tahapan yaitu perencanaan pelaksaan tindakan observasi refleksi Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD GMIM Raanan Baru yang berjumlah 10 orang Teknik pengumpulan data melalui tes observasi dan dokumentasi Hasil yang dicapai pada siklus I adalah nilai rata rata kelas mencapai 69 dan ketuntasan belajar mencapai 50 Dan pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata rata kelas mencapai hasil 88 dengan ketuntasan belajar 9 orang atau 90 yang berarti sudah berhasil Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL< em> dapat meningkatkan hasil belajar di kelas V SD GMIM Raanan Baru Dari hasil penelitian ini diharapkan guru dapat menggunakan model pembelajaran yang bervariasi untuk lebih memotivasi siswa dalam belajar sehingga dapat memperbaiki dan meningkatkan hasil belajar siswa < p>

  widdyrorimpandey@unima.ac.id