PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
Keywords:
Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division, Hasil Belajar, IPS, Penelitian Tindakan KelasAbstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) dalam meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian tindakan kelas (PTK) menurut Kemmis dan Mc. Taggart dan dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di kelas V SD INPRES Tanggari dengan jumlah siswa sebanyak 20 orang siswa. Analisis data dilakukan pada setiap akhir tindakan pada setiap siklus. Data yang diperoleh dari hasil observasi dan tes dianalisis dengan perhitungan presentasi hasil belajar yang dicapai siswa. Penelitian ini dapat dikatakan berhasil apabila adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V pada aspek pengetahuan dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) di setiap siklusnya dari nilai kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang telah ditentukan oleh pihak sekolah dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) yaitu skor 75. Hasil tes siklus I menunjukkan ketuntasan belajar siswa secara klasikal sebesar 62%, dan meningkat pada pada siklus II perolehan ketuntasan belajaran secara klasikal yang dicapai oleh siswa meningkat yaitu 91,25% dan seluruh siswa tuntas belajar. Berdasarkan pada hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa: penerapan model pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD) dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SD INPRES Tanggari.