PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI SD INPRES KEMBES

Main Article Content

Veronika Y. Madundang
Jeffry S. J. Lengkong
Deddy F. Kumolontang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 3 “peduli terhadap makhluk hidup” dengan menggunakan model Problem Based Learning kelas IV SD Inpres Kembes. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menggunakan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Inpres Kembes yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, dimana hasil belajar pada siklus I yaitu 72,14%, belum mencapai hasil yang diinginkan, maka dilanjutkan ke siklus II. Pada siklus II ini hasil belajar meningkat yaitu 85,14%. Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Tematik tema 3 “peduli terhadap makhluk hidup” kelas IV SD Inpres Kembes. Oleh karena itu sebagai saran kepada guru kelas IV agar dalam proses pembelajaran diharapkan menggunakan model Problem Based Learning sehingga siswa bisa ikut aktif, berpikir kritis, dan bersemangat dalam belajar.

Article Details

Section
Articles

Most read articles by the same author(s)