PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV PADA PEMBELAJARAN TEMATIK TEMA 3 PEDULI TERHADAP MAKHLUK HIDUP DI SD INPRES KEMBES

Authors

Keywords:

Model Problem Based Learning, Hasil Belajar, PembelajaranTematik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 3 peduli terhadap makhluk hidup dengan menggunakan model Problem Based Learning< em> kelas IV SD Inpres Kembes Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK dengan menggunakan empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV di SD Inpres Kembes yang terdiri dari 4 siswa laki laki dan 3 siswa perempuan Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dimana hasil belajar pada siklus I yaitu 72 14 belum mencapai hasil yang diinginkan maka dilanjutkan ke siklus II Pada siklus II ini hasil belajar meningkat yaitu 85 14 Dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning< em> dapat meningkatkan hasil belajar Pembelajaran Tematik tema 3 peduli terhadap makhluk hidup kelas IV SD Inpres Kembes Oleh karena itu sebagai saran kepada guru kelas IV agar dalam proses pembelajaran diharapkan menggunakan model Problem Based Learning< em> sehingga siswa bisa ikut aktif berpikir kritis dan bersemangat dalam belajar < p>

References

Downloads

Published

2024-08-30

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>